Rabu, 03 Juli 2013

Membuat bubur bayi menggunakan slow cooker

Kalau baca- baca di milis, banyak ibu-ibu yang memasak bubur untuk buah hatinya menggunakan slow cooker. Yang paling populer adalah slow cooker Takahi. Takahi sendiri punya produk slow cooker bermacam-macam ukuran. Yang pas untuk membuat bubur bayi sebenarnya adalah yang berukuran 0,7 liter. Kenapa? Karena awal-awal makannya nggak banyak. Bahkan sekali masak bisa untuk 3-4 kali makan. Produsen Takahi juga menganjurkan agar air saat memasak sebaiknya tidak kurang dari setengah pot. Kalau pake yang ukuran besar, terus buat makan berapa kali dong. Hehe..

Saya sendiri pakai yang ukuran 1,2 liter. Dengan harapan kalau baby O udah bisa makan nasi, slow cookernya juga bisa dipake untuk masak daging, sop, kaldu, dan lain-lain. Slow cooker ini dikenal dengan kepraktisannya, karena bahan tinggal cemplung, ditinggal 6 jam tau2 jadi. Magiiicc! *lebay Tapi selama ini saya pake selama 4 jam buburnya juga udah jadi kok. Malah kalau kelamaan ditinggal bubur jadi nempel di pot dan terlalu kental. Jadi biasanya saya aduk dan matikan di tengah proses, meskipun belum mati secara otomatis.


Caranya gimana? Begini caranya:
1. Cuci bersih beras sebanyak 5 sendok atau kira-kira setengah cup takaran beras
2. Masukkan bawang bombay 1/4 buah, daun salam, atau ditambah bawang putih cincang dan bumbu lain jika suka.
3. Masukkan beras, dan tambahkan air 400 - 500 cc
4. Lap bagian bawah dan luar pot, jangan sampai basah
5. Letakkan pot di basis dan pasang tutupnya.
6. Nyalakan slow cooker, atur ke auto (kalau yg 0,7 l nggak ada pengaturnya. Yg 1,2 l bisa diatur ke high kalau ingin lebih cepat)
7. Nonton tv ato tinggal tidur. Hehe


Biasanya kalo yang 0,7 l alat akan mati dengan sendirinya begitu proses memasak selesai. Tapi berhubung saya pakai yang 1,2 liter entah kenapa nggak pernah sampe mati sendiri meski udah 6-7 jam. Untung masaknya siang, jadi bisa ditungguin. Dan cukup 4 jam biasanya sudah saya matikan.

Untuk bahan-bahan pelengkap, saya masukkan sekitar 1 jam sebelum dimatikan. Karena rata-rata saya masaknya 4 jam, jadi setelah 3 jam baru dimasukkan tempe, tahu, kacang merah, dll. Tapi untuk daging boleh aja dari awal memasak, supaya kaldunya lebih terasa. Kalau untuk sayuran, ada yang menganjurkan dimasukkan 2 jam sebelum matang. Tapi pernah saya coba, sayur jadi terlalu layu. Jadi sekarang sayurnya saya kukus dan blender terpisah. Waktu baby O mau makan baru dicampurkan dengan buburnya.
Setelah bubur matang, biasanya juga masih akan terlihat 'jus' atau cairan bubur yang menggenang. Cukup diaduk aja, karena nanti akan mengental dengan sendirinya. Bubur yang sudah jadi, bisa disaring untuk bayi yang lebih kecil. Untuk baby O yang berumur 6 bulan, bubur ini cukup untuk 3-4x makan. Simpan di wadah tertutup di lemari pendingin (bukan freezer ya bun). Sebelum makan cukup dihangatkan sebentar. Kalau kekentalan, bubur boleh ditambah kaldu atau air matang.

Demikian cara membuat bubur dengan slow cooker versi saya. Kalau ada yang punya versi lain silakan dishare ya, bun. Happy cooking.

Btw, dulu belajar bikin buburnya juga liat di sini.

7 komentar:

  1. Mom... Mau nanya boleh?
    Saya udh coba pake slow cooker mode LOW bikin bubur gagal aja...
    Knp yaaa... Huhuhu...

    Apa emang ga bisa mode low?
    Saya pake yg 1.2L..
    Mom bisa kasih saran ato kasihbtau cara nya untuk memasak bubur drg takahi ini...
    Takarannya itu gmn?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku 2 sdm beras airnya 1/2 slow cooker ukuran 1.2liter.domasak jam 9 malam pke mode auto.jam 5 subuh dicabut.klo jam 11 aku pke high

      Hapus
  2. berarti pakai yang high sis... dan liat beras serta airnya karena kalau yang 1,2 L tidak bisa sedikit bikinnya

    BalasHapus
  3. Beneran mati sendiri ya kalo yg 0,7 L meski colokan ga dicabut? Tandanya mati lampu indikatornya ga nyala lagi ya mbak? Soalnya baru beli sc nih :D

    BalasHapus
  4. Sc yg merk crown kn ada pengatur low high & keep warm...klo yg keep warm itu apa guna nya?? Apa utk mnjaga bubur tetap hangat utk di makan kedua kali saat sore atau malam hari?? Mohon penjelasannya...trims

    BalasHapus
  5. mba nanya dongk listriknya kuat egak ya

    BalasHapus
  6. Kalau slow cooker buat masak bubur sumsum bisa gak ya sis

    BalasHapus