Selasa, 16 April 2013

Menyusui itu susah

Kalau pernah lihat ibu-ibu yang sedang menyusui, keliatannya gampang banget ya. Tinggal gendong anaknya, keluarin nenennya, terus sodorin deh. Beres urusan. Demikian juga kalo browsing tentang menyusui, kesannya gak ada susah-susahnya. Padahal kalo kita yang ngejalanin sendiri, rasanya ampyuun deh. Apalagi pas awal-awal. Pengen nangis tapi ditahan-tahan. Sakit, stress, dan frustasi. Belum ditambah omongan orang-orang di sekitar yang kurang mendukung. Breastfeeding maybe the hardest thing I've ever done. Inilah kenapa ibu yang menyusui ASI itu layak disebut supermom.


Baby O lahir dengan berat over di atas normal,  sampe-sampe bidannya bilang "Ini bayi terbesar yang pernah lahir di rumah sakit ini." Pas diperiksa glukosa darahnya rendah. Padahal ASI masih belum keluar. Akhirnya baby O dikasih cairan Dextrose.

Berhubung operasinya tengah malem, di ruangan besok paginya saya udah disuruh duduk karena dianggap udah hari ke-2. Sakitnyaa minta ampyun. Besok paginya lagi udah disuruh jalan. Ampun-ampun deh. Tapi tetep juga harus nyusuin sambil tiduran dan duduk. Meskipun ASI masih belum keluar juga. Sempet kuatir karena pas diperiksa lagi glukosa darah baby O masih rendah. Dokter anak bilang, terus disusuin yan bu.. padahal ASI belum keluar juga. Udah ada berapa orang tuh yang mencet-mencet payudara saya, tapi nggak ada yang keluar. Gimana nggak stress.. Kasian baby O kelaperan dan malamnya sempet demam juga karena dehidrasi.

Untung dokter obginnya, dr. Susanti, baik banget. Beliau ngasih obat pelancar ASI Milmor sambil nyemangatin. Konselor laktasinya juga dateng ngasih edukasi tentang cara menyusui yang benar. Hari ke-3, pagi sebelum pulang, saya mandi dan ngeliat kalo payudara (PD) keliatan bertambah besar, tampak berat, dan jatuh. Nah di situlah saya percaya diri. Ini pasti sudah keluar ASInya. Senengnya bukan main.

Waktu itu baby O dibawa pulang paksa. Dia sempet kuning dan disuruh dokter ditinggal sambil diterapi sinar. Tapi saya yakin gapapa karena sebelumnya memang ASI belum keluar. Setelah pulang dari rumah sakit, baby O sempet mencicipi yang namanya susu formula.  Selain karena kuning, nangisnya nggak kira-kira, ditambah nipple yang udah lecet sampe berdarah-darah, akhirnya begitu sampe di rumah suamiku nggak tega. Dibuatinlah sufor 60 mL. Abis dalam sekejap! Dan baby O nggak tidur, tapi nggak rewel. Kalo kata papanya plalar plolor. Baru tau deh, ohhh kalo kenyang tuh kamu kayak gini ya dek.

Sebenernya memang nggak dianjurkan pake sufor. Tapi entah kenapa, habis dikasih sufor, saya ngerasa lebih tenang. Dalam artian selain mengistirahatkan puting sedikit, nggak takut susunya kurang, dan baby O nggak nangis sepanjang hari. Soalnya waktu baru lahir baby O nangisnya super kenceng. Mana lagi capek-capeknya, mama papanya belum tidur-tidur, dan dia malah nangis minta susu tiap satu jam. Waktu itu ASIku belum keluar banyak. Jadi sempet stress sampe nangis-nangis. Bukan karena baby blues, tapi karena kasian sama baby O.

Meskipun udah dikasih sufor, tapi saya tetep nyusuin. Cuma karena frekuensinya berkurang, jadi sakitnya juga nggak terlalu. Produksi susu juga jadi lebih banyak dan lancar. Mungkin karena saya juga bisa istirahat, hati lebih tenang, dan tetep nyusuin jadi hormon prolaktin juga keluar.
Sekitar seminggu-dua minggu dicampur sufor, baby O pup lebih sering dibanding biasa dan enceerrr banget. Setelah tak liat tatatnya, keliatan merah-merah sampe lecet gitu. Pantesan malem sebelumnya baby O nangis nggak karuan, sampe papanya bete. Mulailah saya curiga ini karena alergi sama sufor. Akhirnya baby O full dapet ASI. Sambil tatatnya diolesin krim Zw**sal. Bener aja, pupnya nggak lagi encer dan merah-merah di lipetan tatatnya ilang.

Susahnya menyusui yang lain adalah musti nyusuin kapanpun bayi mau, termasuk malem saat harusnya enak-enaknya tidur. Berhubung baby O minumnya kuat banget, yang kata dokter harus disusuin tiap 2 jam, ini malah tiap jam. Udah gitu kan waktu bulan pertama dia belum pinter nyusunya. Yang ada nyusuin bisa setengah jam, sambil bobo-bobo gitu. Memang awal-awal aliran ASI belum lancar, jadi bayi gampang ngantuk. Yang ada begitu dilepas, satu jam udah laper lagi.

Menyusui emang susah ya. Tapi yakinkan diri harus bisa. Yang bikin keki adalah orang-orang sok tau yang mendorong supaya bayi kita dikasih sufor aja. Saya sendiri bersyukur baby O alergi sama sufor, jadi mau nggak mau pake ASI. Coba kalo nekat pake sufor khusus buat bayi alergi. Harganya nggak kuattt. Jauh lebih mahal dibanding sufor biasa. Padahal yang nggak alergi aja sebulan bisa abis sampe 4 kaleng.

Menyusui memang susah, tapi it's all worth it. Saya juga masih menyusui baby O. Saat ini usianya 4 bulan dan senangnya ia tumbuh sehat. Rasanya aneh dan takjub bahwa baby O yang sebesar itu bisa hidup dan tumbuh cuma dari ASI saya aja. I love you baby O. Semoga mama kuat eksklusif sampe 6 bulan ya.. Dan semoga bisa ngelanjutin sampe 2 tahun. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar