Selasa, 16 April 2013

Pompa ASI

Pompa ASI, merupakan benda andalan buat ibu-ibu menyusui. Fungsinya adalah untuk membantu memerah ASI agar bisa diberikan di waktu yang lain. Jenisnya ada 2, yaitu manual alias pake kekuatan tangan dan elektrik alias pake batere atau listrik. Pompa ASI umumnya bentuknya sama. Ada tuasnya (klo yang manual) atau mesin (elektrik), ada botol buat menampung, dan ada corong untuk menangkap ASI yang keluar dari payudara.
Fungsi pompa adalah untuk memerah payudara, bukan untuk menyedot. Mungkin ini yang membedakan pompa ASI jaman dulu dengan sekarang. Pompa yang bekerja dengan tekanan negatif alias bersifat menyedot, tidak lagi dianjurkan karena bisa merusak jaringan payudara.
Manual atau elektrik?
Ini salah satu pertanyaan mendasar yang banyak ditanyakan sebelum mulai pake pompa ASI. Dan jawabannya adalah: bergantung kebutuhan.
Kalo misalnya mompanya jarang-jarang, misal cuma buat stok klo mau jalan-jalan keluar, ato kadang sayang susunya nggak keminum tapi anak udah kenyang, atau mungkin sewaktu-waktu harus keluar rumah dan nitipin anak, saya rasa cukup pake pompa manual. Apalagi biasanya yang elektrik lebih mahal. Waktu yang diperlukan buat mompa hampir sama kok sm yang elektrik. Cuma bedanya kalo yang manual tangan harus bekerja memompa tuas.
Kebalikannya, kalo harus sering mompa misalnya buat ibu-ibu yang bekerja tapi tetap ingin memberikan ASI, sebaiknya sih pake yang elektrik. Bukan apa-apa. Pake manual capek mompanya. Kalo cuma sesekali sih oke. Tapi kalo sampe beberapa kali sehari, dua payudara pula, lama-lama kan pegel.
Saya sendiri saat ini pake yang manual. Dengan alasan nggak rutin beberapa kali mompa dalam sehari, dan praktis dibawa ke mana-mana. Nggak pusing nyari colokan. Soalnya banyak tempat umum yang belum ada ruang laktasinya. Walhasil terpaksa mompa di toilet.
Merk pompa apa yang bagus?
Nah ini juga pertanyaan yang sangat sering diajukan. Malah dulu sebelum beli pompa, saya sampe pusing baca review orang-orang di internet. Intinya sih hampir sama, yaitu pompa itu sifatnya cocok-cocokan. Jadi klo bisa dicobain dulu.
Berhubung saya males nyobain, saya minta suami beli yang reviewnya bagus-bagus aja deh. Ada loh ibu-ibu sejawat ASI yang nyobain sampe 5-6 merk pompa.
Kalo kata ibu-ibu di forum TUM, yang paling sering direview bagus itu merk Avent dan Medela. Pompa sejuta umat itu Medela Mini Electric, cuma konon suaranya kayak mesin pemotong rumput. Yang lebih bagus dari itu, ada Medela Swing. Ada juga yang bisa buat mompa dua payudara sekaligus. Ya sekali lagi bergantung sama kebutuhan ya. Klo versi manualnya, yang terkenal adalah Medela harmony. Enaknya merk Medela ini adalah ada ukuran corong yang berbeda-beda, bergantung pada ukuran payudara. Terus bisa dicoba di gerai resminya di Kelapa Gading. Botol buat nampung ASInya juga berukuran standar, jadi bisa langsung buat minum. Sebaliknya juga, bisa pake botol standar merk lain buat nampung.
Beda lagi sama Avent. Produk keluaran Philips ini juga punya versi manual dan elektrik. Selama ini saya pake yang manual dan cocok-cocok aja. Cuma botolnya wideneck atau berleher lebar. Jadi cuma kompatibel sama merk yang sama. Enaknya, di bagian corong ada lapisan khusus. Jadi kalo mompa, lapisan ini akan memijat payudara. Katanya sih untuk merangsang LDR (let down reflex).
Di luar kedua merk itu juga ada merk pigeon ( kalo rusak bisa minta ganti sparepart gratis), little giant, dsb. Buanyak sihh. Harga bervariasi, jadi sesuain sama kantong juga.
Klo saya bilang, cari yang sesuai kebutuhan, dan reviewnya kira-kira paling cocok. Atau pilih yang paling banyak dibilang cocok sama orang. Emang sih kebanyakan baca review malah makin bingung. Tapi harganya kan lumayan, jadi klo nggak cocok sayang-sayangin duit aja.
Yang dimaksud dengan nggak cocok itu gimana sih? Nggak cocok biasanya karena bikin sakit payudara. Misalnya kekencengan tarikannya. Jadi cari yang bisa diatur kekuatannya. Kalo pengalaman sih, emang awal-awal bisa sakit, tapi ya nggak sakit-sakit amat. Lama-lama dipake jadi biasa aja dan udah kebal. Haha.. Apalagi kalo mompanya udah dapet LDR (bukan long distance relationship loh yaa).
Pompa kan didesain sebisa mungkin biar bisa cocok untuk mayoritas orang. Logikanya sih kalo nggak punya ukuran payudara super besar atau super kecil, harusnya cocok-cocok aja. Sekali lagi, persepsi itu relatif.
Beli di mana?
Kalo mau beli yang merk-merk kaya di atas, biasanya sih musti beli on line. Klo cari di toko bayi, ada yang manual biasanya. Cari di pramuka? Ada tapi merknya nggak terkenal. Pernah suami nanya ke pramuka. Katanya adanya merk yang lebih murah. Bosa dapet Merk IQ baby yang elektrik cuma 200 ribu loh. Merk ini juga banyak dipake kok karena murmer.
Klo mau beli on line cari yang terpercaya ya. Boasanya stok juga belum tentu ada. Jadi tanya-tanya dulu aja.
Budgetnya berapa?
Harga pompa ASI bervariasi. Mulai dari 200ribu sampe ada yang 4 juta. Klo menurut saya, coba aja yang kelasnya menengah. Klo cocok dan ada rejeki baru beli versi yang rada mahal. Kalo beli yang murah ternyata gampang rusak nanti malah jengkel sendiri.
Selamat mencari pompa deh. Jangan kelamaan ngeliatin review. Review itu kan sifatnya subjektif. Termasuk yang saya tulis di sini. Haha.. Sana beli, daripada makin bingung beli aja yang udah ditaksir. ;p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar