Senin, 24 Juni 2013

Clodi vs pospak



Clodi dan pospak seringkali jadi topik perdebatan panas yang nggak berujung. Sebelum dimulai, saya mau bilang kalo saya nggak pro ataupun kontra dengan clodi maupun pospak. Sebagai ibu dan manusia biasa, kita bebas menjalankan apa yang kita percaya, tanpa juga harus memaksakan kepercayaan kita kepada orang lain. Jadi buibu yang pake clodi maupun pospak, coba kita liat yuk apa aja untung ruginya masing2 popok ini.
Dari segi uang
Sebagai manajer keuangan di rumah, apalagi yang mepet menjelang akhir bulan, segi keuangan merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Dan di sini, pemenangnya adalah clodi alias popok kain. Mau beli yang lokal atopun yang impor(baca:mahal), tetep clodi yang jadi pemenangnya. Asalkan... Belinya sesuai kebutuhan. Gak jarang ada ibu yang belanja clodinya kebablasan cuma karena liat motifnya yang lucu-lucu. Meski modal awalnya memang bikin kaget dompet, tapi seiring waktu berasa manfaatnya. Apalagi saat bayi beranjak besar dan mulai makan. Pipisnya pasti tambah banyak dan makin sering ganti popok. Kalo mau lebih murah lagi beli celana aja. Beli 4 lusin cukup buat beberapa bulan dan nggak mahal.
Dari segi environment friendly
Banyak ibu-ibu yang pake clodi dengan alasan ramah lingkungan. Clodi bisa mengurangi sampah pospak yang sulit terurai. Tapi katanya sih nggak sesederhana itu. Ramah lingkungan kan juga perlu memperhatikan sumber daya dan penghematan energi. Sedangkan clodi perlu cukup banyak air dalam mencuci. Belum lagi kalo nyucinya pake mesin cuci. Bisa dipastikan listrik yang digunakan juga nggak sedikit.
Dari segi kesehatan
Katanya sih, penggunaan clodi dapat mengurangi ruam popok karena nggak mengandung bahan kimia. Clodi juga mengurangi kejadian infeksi saluran kemih. Apa iya? Sebenarnya mau pake clodi atopun pospak, kalau terlalu lama dipakainya tetap bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Ini karena bayi lebih rentan kena ISK. Soal bahan kimia, rasanya nggak mungkin bahan kimia ini lolos begitu aja dari FDA ato BPOM kalau memang berbahaya. Setau saya belum ada evidence basednya. Di sisi lain, clodi itu sifatnya nyerep residu. Jadi malah sisa sabun bisa berdiam di dalam clodi. Akibatnya, lama kelamaan clodi bisa bocor dan nggak sehat buat kulit bayi, dan timbul bau pesing yang nggak enakkk. Kalau begini harus distripping.
Tapi clodi ternyata juga meningkatkan kemungkinan infeksi. Nggak cuma isk, tapi juga diare. Biasanya karena clodi nggak langsung dicuci setelah kena pup. Lingkungan clodi yang lembab akan menyebabkan kuman akan berkembang biak dengan cepat. Kuman yang terbawa di tangan bisa nggak sengaja masuk ke tubuh bayi ataupun anda dan menyebabkan diare. Ini juga sebabnya ada beberapa day care di luar sana yang nggak mau pake clodi. Jangan lupa cuci tangan dengan seksama setiap kali menyentuh clodi, buang air, saat membuat makanan ataupun sebelum memberi makan bayi.
Dari segi estetik
Jelas lebih lucu pake clodi ya. Belanja clodi bisa lapar mata. Bhihihik. Tapii, clodi rada gendut kalo dipakein celana di luarnya. Apalagi klo masih newborn n babynya kecil. Kayaknya malah kasian ya. Kalo menurut saya pake clodi yang lipet2(muslin) lebih baik dan nyaman untuk bayi newborn. Tar kalau udah gedean baru deh ginuk-ginuk pake clodi.
Dari segi kepraktisan
Dua-duanya sama praktis. Karena popok ini dibuat untuk bisa nyerap pipis sampe berkali-kali. Praktis jadi nggak perlu bolak balik ganti celana atau popok. Praktis karena pipis nggak tembus ke kasur, Nggak takut pipis ngucur di lantai bikin kepleset, atopun musti ganti baju gara2 kepipisan waktu ngegendong si kecil. Nggak takut basah lagi deh... Tapi baik clodi maupun pospak punya kelebihan dan kekurangan dalam hal kepraktisan.
Enaknya pospak, bisa langsung dibuang begitu popok sudah kotor. Bayangin kalau lagi jalan-jalan ke mall, musti nenteng2 clodi yang udah kepake, apalagi kalau ada pupnya. Rasanya gimanaa gitu. Habis manis sepah dibuang, begituu. Hehe.. Kalo clodi, enaknya nggak perlu pakein celana lagi di rumah, karena motifnya udah lucu-lucu. Selain itu, buat baby yang pupnya sering, santai aja nggak perlu ngitungin berapa popok yang abis hari ini. Haha.. Yang sedikiiitt ngerepotin cuma perawatannya. Karena nambah cucian jadi hati harus sabar dan tabah. Meskipun cuma dikucek seadanya tapi asumsi pake 6 clodi sehari ato 12 clodi kalo nyucinya 2 hari sekali plus pocketnya (jadi 24) lumayan bikin pegel. Ya namanua juga mau hemat, berkorban dikit lah ya. Hehe..
My experience with baby O
Saya termasuk yang nggak saklek pake clodi atopun pospak. Karena dua-duanya memang diciptakan buat pemalesan kaya saya. Dulu waktu baby O masih merah, bisa ganti popok kain yang biasa 30 hari sekali, belum termasuk malem. Bisa dibayangin nyucinya, plus bedong. Sampe umur 6 bulan sekarang, baby O masih suka pup 2-4kali sehari. Apalagi semenjak makan, pipisnya jadi buanyak banget. Nah di sini saya mulai ngerasain manfaat clodi.
Clodi yang dipunya baby O nggak banyak, cuma 4. Yang satu model cover, dan ada cadangan insert. Jadi diitung2 ada 5. Sehari baby O bisa ganti 3x kalo lagi males makein celana aja. Malem baby O full pospak.
Baby O mulai pake clodi umur 3 bulan. Belinya merk lokal buat coba-coba dulu. Papa dibujuk dengan alasan klo baby O pipisnya pasti lebih banyak seiring waktu. Tapi, entah kenapa setiap dipakein clodi baby O malah jarang pipis. 3 jam bisa masih kering aja. Tapi begitu clodi dibuka, dalam 2 jam bisa pipis 8x. Untung deh lama-lama baby O terbiasa dan bisa pipis banyak. Meskipun kadang pas ngegendong bisa kecium bau pesing, padahal udah distripping dan pake deterjen yang dianjurkan.
Sebenernya paling enak pake celana biasa. Cuma repot ganti-ganti terus. Belum ngepel lantai dan takut pipis di kasur. Bisa ilang garansi matrasnya. Haha.. Biasanya kalo udah capek ganti celana ato mau keluar ke tetangga, baru baby O dipakein clodi. Kalo malem dan keluar lama baru pake pospak.
Meski katanya bisa dipake sampai anak berusia 2 tahun, tapi yang menjadi kendala adalah sulit memakaikannya pas anak udah mulai aktif dan nggak mau direbahin saat ganti popok. Mungkin udah musti ganti pull up pants ya.
Jadi yang mana?
Ini sih bergantung sama preferensi masing-masing. Nggak ada yang bener dan nggak ada yang salah. Yang penting kita yakin sudah memberi yang terbaik buat buah hati kita.

1 komentar:

  1. sebenarnya sudah lama pingin makein baby boy ku keenan pake clody,, cuman karena keenan dititip ke my beloved mother alias neneknya keenan. karena aku ibu bekerja.. khawatir ngerepotin klo pup dan harus ngucek2.. agak boros banget sih pake pospak 1 pack itu kan isi 40 harga @80ribu.. itu bisa abis cuman 3 minggu ajah.. hiks

    BalasHapus